Tuesday, April 9, 2013

Surat buat pak dahlan


Perkenalan ku dengan pak dahlan bukalah perkenalan lewat tatap muka namun dari karya yang di hasilkan oleh beliau yakni Buku. Buku pak dahlan  yang aku baca adalah buku tentang pengalaman perjalanan hidup pak dahlan dari kecil sampai selesai dari oprasi di tiongkok. Buku tersebut adalah “Ganti Hati”.

Pertama kali aku membaca buku tersebut dalam pikiranku menduga yang menulis buku ini pasti bukanlah orang yang biasa dengan tulisan yang luar biasa, karena orang yang biasa tidak mungkin dapat menulis sebagus itu. Aku sangat menikmati saat aku membaca buku tersebut. Dengan gaya bahasa yang renyah dan joke-joke yang  bikin tertawa pak dahlan menulisnya dengan baik dan memikat.

Setelah membaca buku ganti hati, aku merasa banyak pelajaran yang dapat di ambil dari seorang dahlan iskan.diantara banyak pelajaran itu salah satunya bahwa dengan keterbatasan sama sekali tidak menciutkan nyali dahlan untuk terus berjuang menghadapi persoalan dalam hidup. Keterbatasan materi lebih mendorongnya untuk keluar dari keterpurukan dan giat dalam bekerja.

Aku semakin pernasaran dengan sosok dahlan iskan yang hanya aku baca dari sebuah buku yang bahkan itu adalah awal pertamaku mengenal diri pak pak dahlan. Aku semakin ingin tau lebih banyak tentang sosok yang aku kenal dari buku ganti hati, maka aku coba browsing lebih banyak  di internet tentang siapa sosok dahlan iskan.

Aku tak pernah lagi membaca buku mu atau tulisan orang lain tentang mu. Baru beberapa bulan yang lalu aku temanku meminjamkan novelnya padaku tentang anda pak. Novel itu di tulis oleh......... judulnya sepatu dahlan. Novel tersebut tidak kalah menariknya dari buku  ganti hati yang aku baca lima tahun silam. Aku masih ingat dalam novel tersebut betapa anda menginginkan sepatu namun kondisi saat itu sedang tidak memungkinkan bagi anda untuk membelinya dan anda tidak memaksa untuk membelinya karena keyakinan anda, jika hanya tidak punya sepatu andapun bisa sekolah.

Pak dahlan , aku tahu tidak banyak orang yang seperti anda di negeri ini.begitu banyak orang yang pintar dan manis dalam beretorika namun minim sekali yang betul-betul bekerja bagi bangsa dan negerinya. Aku tahu Jabatan mu saat ini sebagai menteri BUMN adalah hasil kerja keras mu bukan dorongan partai politikn tertentu atau hasil lobi-lobi yang biasa di lakukan oleh politisi senayan.

Pak dahlan, mulai anda merintis media hingga anda menjabat menteri BUMN, aku yakin banyak menginspirasi bagi kami anak bangsa dan bagi gernerasi kami kelak.selamat pak kami akan menjiplak semagat mu yang tak pantang menyerah itu karena kami tahu banyak anak bangsa yang ingin sepertimu yang ingin mengabdikan dirinya untuk bangsa dan negerinya dengan keterbatasan yang mereka miliki.





No comments:

Post a Comment